Rabu, 04 April 2012

Bab 3 Macam-macam komunikasi

Macam-macam komunikasi

Penulis akan membahas empat macam komunikasi dalam tulisan ini, yangakan dibahas sebagai berikut :
a. Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi dalam diriindividu. Komunikasi intrapersonal juga dapat diartikan sebagai prosesbagaimana seorang individu mengolah informasi.Dan berikut empat prosesdalam komunikasi intrapersonal:
1) SensasiMenurut Benyamin B. Wolman,”sensasi adalah pengalaman elementeryang segera, yang tidak memerlukan penguraian verbal, simbolis ataukonseptual dan terutama sekali berhubungan dengan kegiatan alat indera
Sedangkan Dennin Coon berpendapat,”bila alat indera mengubahinformasi menjadi impuls-impuls saraf dengan bahasa yang difahamioleh (‘komputer’) otak – maka terjadilah proses sensasi. ”Maka secara sederhana sensasi adalah penangkapan stimuli olehalat indera individu. Sensasi sendiri nantinya akan mempengaruhipersepsi.
2) PersepsiSetelah indera individu memperoleh stimuli, maka selanjutnya adalahmemberikan persepsi, maka yang dimaksud dengan persepsi adalahpemberian makna dari stimuli, sehingga individu memperolehpengetahuan baru dari pengalaman tersebut.Persepsi individu terhadap stimuli akan selalu berbeda, hal inidipengaruhi oleh perhatian yang diberikan pun berbeda. Gerakan,intensitas stimuli, kebaruan (novelty), serta perulangan yang menarikperhatian yang dihiasi dengan sedikit variasi akan menimbulkanpersepsi tersendiri dari pada stimuli yang biasa-biasa saja. Keadaaninternal individu seperti sikap, kebiasaan, kemauan, dan keadaanlapar,akan mempengaruhi perhatian.
Faktor fungsional yang meliputi kebutuhan, pengalaman masalalu,faktor personal lainnya, serta faktor struktural yang menilaisegala stimuli secara keseluruhan(teori Gestalt), ikut menentukanpersepsi individu.
3) MemoriMenurut Schlessinger dan Groves memori adalah sistem yang sangat berstruktur, yangmenyebabkan organisme sanggup merekam fakta tentang duniadan menggunakan pengetahuannya untuk membimbingperilakunya.Proses memori ada tiga tahap yaitu perekaman(encoding) adalahpencatatan informasi oleh indera dan saraf inernal.Penyimpanan(storage) adalah penentuan tempo informasi berada bersamaindividu.Ada penyimpanan secara aktif yaitu bila informasi yangdisimpan selalu ditambah, dan pasif bila informasi tersebut disimpantanpa mengalami penambahan.Dan yang ketiga adalah pemanggilan(retrieval) adalah mengingat lagi informasi yang sudah tersimpan.
4) BerpikirAnita Taylor menjelaskan “Think is an inferring process atauberpikir sebagai proses penarikan kesimpulan.”Jadi berpikir dapat diartikan juga sebagai pengolahan informasi untukmemberikan respon34 sebagai usaha individu dalam mengambil keputusan(decision making), memecahkan persoalan (problem solving), danmenghasilkan sesuatu yang baru (creativity)
b. Komunikasi InterpersonalKebutuhan individu untuk berinteraksi dengan sesama merupakankebiasaan yang tidak dapat dihindari, berkomunikasi jadi kewajiban, karenadengan itu masing-masing individu dapat menyampaikan maksud daridirinya.Nantinya dalam suatu masyarakat akan terwujud kehidupan yang idealberdasarkan penilaian kesepakatan tersebut. Komunikasi antar personal atauindividu inilah yang disebut sebagai komunikasi interpersonal36.Padapenjelasan selanjutnya akan dijelaskan faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi komunikasi interpersonal.
c. Komunikasi KelompokSetiap hari kita bergumul dengan berbagai aktifitas dankesenangan.Dari aktifitas dan kesenangan itu, disadari atau tidak kita telah masuk dalam satu komunitas tertentu atau yang biasa disebut kelompok.Sebagai mahasiswa, kita akan berperan dalam kelompok yang selalumengedepankan intelektual, teori dan aksi. Dalam dunia kerja, pengalamanintelektual kita diuji untuk menciptkan kinerja maksimal dan inovasi- inovasi.Dalam masyarakat komunitas menuntut untuk dapat bersosialisasi denganbaik yang menjunjung tinggi norma bersama. dan sebagainya.Komunikasi yang kita jalin dalam kelompok memiliki banyak fungsidan keuntungan.Komunikasi kelompok digunakan untuk saling bertukarpendapat dan informasi, bahkan kelompok juga dapat mempengaruhi sikapdan perilaku, serta meningkatkan kesadaran individu. Tidak semua segerombolan orang dapat dikatakan sebagai kelompok.Kelompok akan memiliki makna khusus apabila masing-masing anggotamerasa terikat dan mempunyai rasa memiliki, kesamaan keinginan dankesenangan juga dapat mendorong beberapa individu membentuk sebuahkelompok.
d. Komunikasi MassaMaletzk mendefinisikan komunikasi massa sebagai berikut 
:a. Komunikasi massa kita artikan setiap bentuk komunikasi yangmenyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaranteknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.
b. Komunikasi massa dibedakan dari jenis komunikasi lainnya dengan satukenyataan bahwa komunikasi massa dialamatkan kepada sejumlahpopulasi dari berbagai kelompok, dan bukan hanya satu atau beberapaindividu atau sebagian khusus populasi. Komunikasi massa jugamempunyai anggapan tersirat akan adanya alat-alat khusus untukmenyampaikan komunikasi agar supaya komunikasi itu dapat mencapaipada saat yang sama semua orang mewakili berbagai lapisan masyarakat.
c. Bentuk baru komunikasi dapat dibedakandari corak-corak yang lamakarena memiliki karakteristik utama sebagai berikut : diarahkan padakhalayak yang relatif besar, heterogen, dan anonim;: pesan yangdisampaikan secara terbuka, seringkali dapat mencapai kebanyakankhalayak secara serentak, bersifat sekilas: komunikasi cenderung beradaatau bergerak dalam organisasi yang kompleks yang melibatkan biayabesar.Dari himpunan definisi datas maka penulis dapat menyimpulkan:komunikasi massa adalah jenis komunikasi yang diarahkan ke khalayak luas,heterogen, dan anonim, secara bersamaan, bersifat sekilas, melalui mediaelektronik atau media cetak.








Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2190462-macam-macam-komunikasi/#ixzz1r3bbiX8a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar